Kelebihan dan Kelebihan Google Android dan iOS Apple

SSebagus apapun smartphone, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk Google Android dan iOS Apple, Anda bebas memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera pengguna phone.

Blog FahmiOfficial - Sudah peranya memasuki teknologi yang semakin canggih dan current menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Seiring dengan kemajuan teknologi banyak perubahan yang terjadi di kehidupan manusia, termasuk barang-barang elektronik yang semakin memberikan kemudahan bagi penggunanya salah satunya phone.

Benda elektronik yang selalu dibawa kemanapun dan hampir semua orang menggunakan telephone sebagai alat komunikasi. Kebutuhan phone semakin beragam kegunaannya, mulai dari mencari informasi di internet, promosi produk, mencari lowongan kerja, menemukan suatu temat dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kelebihan Google Android dan iOS Apple

Kelebihan dan Kelemahan Google Android dan iOS Apple Versi smartphone saat ini yang paling populer dibedakan menjadi 2 yaitu versi Google android dan iOS Apple, keduanya bersaing menunjukkan keunggulan masing-masing sistem operasi, namun sebagus apapun sistem operasi cellular yang dijalankan tentu keduanya juga memiliki kelemahannya tersendiri.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Google android dan iOS Apple

1. Performa phone android dan juga iOS

Android ini memang memiliki keunggulan dalam penyimpanan fisik seperti tersedianya Micro SD, dibanding iOS. Tetapi penggunaan memori android juga lebih boros dibanding iOS dikarenakan android runtime membutuhkan banyak ruang sehingga menyebabkan cellphone dengan spek lebih rendah mudah kehabisan banyak ruang penyimpanan.

Namun, tidak sepenuhnya performa iOS lebih buruk dibanding android yang juga bisa menampung beberapa aplikasi/recreation hanya dengan menggunakan RAM 2 GB sedangkan android tergantung dari besarnya RAM yang disediakan. IOS sendiri tidak menyediakan fitur penyimpanan tambahan. Selain itu, iOS tidak menggunakan fitur multi windows dan multitasking dibanding android yang bisa menggunakan dua aplikasi sekaligus secara bersamaan.

IOS memiliki keamanan yang lebih ketat dibanding android, sebelum iOS dipublikasi akan ada pemeriksaan aplikasi melalui clear out malware atau sejenisnya. IOS memberikan ruang bagi pengguna untuk melihat secara detail informasi aplikasi sehingga keamanan dan privasi pengguna terjamin.

Kinerja iOS lebih cepat dalam urusan software dibanding android dikarenakan adanya dukungan prosesor ekslusif, sistem bionic hanya digunakan khusus untuk produk buatan apple, sedangkan android memiliki banyak prosesor misalnya mediatek dan snapdragon.

Bagi anda yang menggunakan android, Anda akan mendapat kemudahan saat berbagi information ke semua jenis telephone dibanding iOS eksklusif, statistics iOS tidak bisa dibagi dengan tipe android sehingga iOS tidak mudah terserang oleh virus, dan hal apapun yang dapat merusak document records dan sistem iOS.

Produk terlaris dari iOS Apple yaitu merk iPhone, sedangkan android mempunyai beragam jenis tipe yang bisa dimiliki. Kemudahan dalam menginstall aplikasi di play save dengan jumlah aplikasi yang lebih banyak tersedia di android, berbeda dengan iOS yang memiliki jumlah aplikasi terbatas di App shop.

2. Perbedaan harga yang mencolok android dan iOS

Dari segi penampilan keduanya mempunyai bentuk yang cukup menarik dan unik, namun dari segi harga jauh lebih mahal iOS dibanding android, terlihat dari kualitas yang ditampilkan tampak lebih elegan dan eksklusif iOS.

Ini disebabkan karena pabrik iOS sendiri memiliki pemeriksaan kualitas sendiri baik dari aplikasi yang diterapkan, perangkat tambahan yang dijual dan bahan yang digunakan, dibanding android yang umumnya diproduksi massal yang bisa dilakukan oleh semua pabrik di dunia, sehingga harganya menjadi jauh lebih murah dari iOS.

Secara tampilan antarmuka iOS terbilang monoton dibanding android, pengguna iOS tidak bisa bebas mengubah tampilan UI seperti android yang bisa bebas mengcustom gaya sesuai selera Anda. Mengenai update versi terbaru android memang terbilang memakan waktu yang lumayan lebih lama untuk mendapatkan versi terbaru di situs resmi android atau publik, dibanding iOS yang memberikan kemudahan untuk mengakses pembaruan sistem iOS terbaru melalui notifikasi.

Berkenaan dengan update phone dengan tipe-tipe terbaru android lebih unggul dan cepat mengeluarkan produk terbarunya dibanding iOS, sehingga marketplace android dipasaran jauh lebih cepat terjual daripada iOS.

Kualitas kamera keduanya bisa dilihat dari hasil jepretan kedua versi cellphone, kualitas iOS lebih tajam dikarenakan menggunakan resolusi yang tinggi dan sensor penangkap cahaya cukup mempengaruhi kualitas pada hasil foto.

Produk iOS memakai teknologi virtual sign processor yang bisa mengatur kecerahan pada gambar, pemetaan toon, dan warna pada gambar, bisa dijadikan sebagai pengganti kamera DSLR yang mempunyai kesamaan teknologi yang memberikan kemudahan dalam pemakaian dan lebih praktis untuk dibawa dan digunakan.

Perbedaannya dengan android lebih memprioritaskan kamera untuk kebutuhan penggunanya, seperti kamera yang digunakan untuk berselfie atau foto bokeh. Penggunaan baterai iOS lebih boros ketimbang android, disebabkan kapasitas baterai iOS lebih kecil dibanding intensitas yang tinggi dari sewaktu telephone digunakan, lebih sering mencharge smartphone daripada android.

Pelayanan provider dari iOS sendiri bersifat resmi sehingga jika telephone iOS Anda rusak bisa lebih tenang dan aman untuk servis di layanan produk iOS Apple terdekat dikota Anda, pelayanan carrier android juga lebih banyak dan mudah ditemukan, namun tidak semua shop android mempunyai pelayanan carrier yang sama.

3. Perbedaan kualitas android dibandingkan iOS

Secara kualitas iOS memang lebih unggul dibanding android, namun masing-masing tergantung dengan selera pengguna dan kemudahan yang diberikan kepada pengguna. Android memang lebih banyak dimiliki oleh masyarakat ketimbang pengguna iOS dari kalangan tertentu. Smartphone android memiliki aid e-SIM yang bisa menggunakan twin kartu, sedangkan pada iOS hanya menggunakan satu kartu.

Untuk pengguna iOS memiliki fitur screen time sebagai pengingat pengguna telephone agar tidak kecanduan dalam menggunakan phone, berbeda dengan android yang belum didukung pengoperasian screen time.

Dalam pengaturan jaringan iOS lebih sulit digunakan disemua tempat terutama di daerah-daerah pelosok. Hal ini disebabkan jaringan iOS tidak bisa ditemukan pengaturan jaringan sesuai tempat seperti android yang mudah mengganti tipe jaringan dengan pilihan yang tersedia di pengaturan jaringan.

Penggunaan android lebih berat dibanding iOS terutama lemah pada saat digunakan gaming dikarenakan tampilan linux sedikit lebih rumit dan tidak cukup menampung aplikasi pembawaan. Selain itu, kemudahan dari android kebanyakan aplikasinya loose, berbeda dengan iOS rerata beberapa aplikasi prabayar.

Itulah tadi perbedaan yang menonjol mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing dari android/iOS, keduanya mempunyai sistem operasi dan tampilan produk tersendiri dengan tujuan yang sama untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan phone dengan fitur-fitur tambahan yang semakin update dan modern.

Masyarakat bebas memilih sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki tergantung selera masing-masing. Semakin maju perkembangan zaman, teknologi yang dihasilkan juga semakin banyak versi dengan berbagai macam jenis produk yang dikeluarkan. Android sendiri lebih sering mengeluarkan produk baru dengan beragam tipe, warna, tampilan, dan jenis yang berbeda.

Sedangkan iOS memang terbilang menunggu waktu yang sedikit lama dalam mengeluarkan produk terbarunya, untuk memastikan kualitas produk terbarunya lebih dahulu yang memiliki perbedaan menonjol dari produk dari sebelumnya. Produk terbaru yang diluncurkan pun biasanya ada di outlet resmi iOS.